Nabilla Puti Jasmien Weblog

Wellcome and Thanks for Comming to my Blog.

Sekilas Kota Padang Panjang

Posted by putijasmien pada 27 Maret 2007

Secara geografis Padang Panjang terletak pada ketinggian 650 meter diatas permukaan lautdenganluas 23 km persegi dan termasuk didalam 15 kota/kabupaten di Propinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kota yang bersih, berhawa sejuk, dan bercurah hujan rata-rata 3.259 mm per tahun dan berada di sekitar Gunung Merapi (2.891 m), Gunung Singgalang (2.877 m), dan Gunung Tandikek (2.438 m).

Pendapatan per kapita Kota Padang Panjang sebesar Rp. 2.225 juta (tahun 2000 dan menjadikan kotaini sebagai kota dengan pendapatan tertinggi di Sumbar. Pertumbuhan ekonomi sebesar 3,63 persen, memiliki beberapa potensi alam yang belum sepenuhnya tergarap, seperti tambang,sumber mata air pegunungan dan potensi dibidang peternakan seperti daging, sapi perah dan lain sebagainya.
Potensi pariwisata juga tak kalah bagus dan menariknya untuk dikembangkan. Ada Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) dan Perkampungan Minangkabau yang kini belum tergarap maksimal, bahkan terkesan terlantar. Kehadiran STSI juga mendukung keberadaan Padang panjang sebagai kota tujuan utama wisata.
Sepanjang jalan di kota ini banyak pelajar dan masyarakat berpakaian islami (semacam pesantren) karenamenurut catatan sejarah, sejak zaman penjajahan telah berkembang sarana dan prasarana pendidikan agama islam seperti Thawalib Gunung, Diniyah Putri, Madrasah Isyadin Nas sehingga di kota ini banyak tokoh ulama dan tokoh nasional yang mendapatkan pendidikan dari sini, sehingga Padang Panjang dulu dikenal sebagai pusat pergerakan pemikiran Islam yang disegani dan basis pendidikan Islam terkemuka di Indonesia.
Tujuan wisata yang terkenal di daerah ini adalah Lembah Anai, yang biasa dijadikan para pengunjung sebagai tempat untuk berwisata karena air terjun dan sungai di bawah air terjun yang sangat sejuk dan biasa dinikmati orang yang berlintasan di jalan raya yang jaraknya tak jauh dari Lembah Anai.
Untuk yang hoby makan di daerah ini terdapat beragam makanan yang dapat dinikmati seperti Sate Padang Panjang (yang terkenal Sate “Mak Syukur”), racik kacang, rakik bada, Kerupuk ubi di bungo Tanjuang dan pitalah, Kerupuk jangek dan Dendeng kering di Tanjuang Barulak serta Ketupat Pitalah di nagari Bungo Tanjuang dan Pitalah. Untuk makanan kecil banyak kita jumpai di sepanjang jalan yang kita lalui di kota ini.

About these ads

Satu Tanggapan to “Sekilas Kota Padang Panjang”

  1. imcw said

    salam kenal mbak…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: